Kamis, 02 Juli 2009

..peziarahan panjang..

Fiuhh! Nafas panjang berhembus dari indera pernapasanku... berjam-jam lamanya, Bee pandangi layar ini... mengamati setiap baris kalimat yang tertera di dalamnya. Hari demi hari seperti ini. Mencari dan terus mencari. Setiap saat mencoba untuk bersabar... mencoba bertahan... mencoba mencermati. Saat ini bukanlah masa yang mudah... menyandang gelar Sarjana Ilmu Politik di belakang nama membuat Bee harus berusaha ekstra. Ekstra keras dalam pertarungan melawan idealisme dan pragmatisme.

Saat ini telah memasuki bulan ke-2 pasca wisuda, 19 Mei 2009... entah sudah berapa kesempatan kerja Bee lepaskan... sekedar untuk memantapkan hati bahwa profesi Bee nantinya adalah yang terbaik. Cukup satu kali pilih, sekali 'tuk selamanya.

Saat ini entah sudah pagi yang ke berapa saat insomnia akut ini menyerang Bee. Kelulusan mengubah hidup Bee. Tidak ada kuliah pagi... hanya kursus Mandarin sedari Magrib hingga pukul delapan malam hari. Belajar menulis hanzi... mencoba mengingat-ingat pinyin... dan berlatih melafalkan shengdiao... dengan harapan, Bee akan mampu baca-tulis hanzi dengan pinyin dan pelafalan shengdiao yang tepat. Level dua. Ya... tanpa terasa sudah level dua... masih empat level menanti... sementara level dua baru akan selesai September nanti. Akankah Bee bertahan?

Masa-masa ini bagai peziarahan panjang... Suasana hati tak menentu... Kecemasan demi kecemasan menghadang. Bukan sekedar memilih kerja atau kuliah lagi. Bukan pula sekedar memilih kerja dulu agar bisa kuliah lagi di luar negeri ataupun kuliah saja di dalam negeri. Kebimbangan dan keraguan ini senantiasa menghambat Bee maju. Ada ketakutan... ada kecemasan... takut-takut akan terjatuh...

Dalam keterbatasan diri, Bee mencoba bangkit perlahan... dengan sisa energi yang ada. Bee masih membawa idealisme lulusan ilmu politik... penuh harap kelak mampu menjadi analis politik luar negeri yang mumpuni... mungkin belum akan sekelas dosen kawakan ataupun menteri luar negeri, biarlah semua ini Bee mulai dari jurnalis junior pada kolom-kolom tersembunyi.

Semoga Bee kuat... semoga... semoga...
Semoga saja tiga Juli ini... hari jadi Ibu... memberi kekuatan tersendiri bagi Bee...
Bunda, doakan anindamu di Jogja ini...
Semoga libur sekolah segera usai, hingga Bee bisa mengajar lagi... (~~")





Nb: Bee, sarjana ilmu politik yang senang bergumul dengan dunia anak, sempat mengajar sebagai guru privat bahasa inggris untuk anak-anak di beberapa tempat. Impian terbesar Bee adalah jadi duta PBB untuk anak-anak... UNICEF kali yaaa... Target dalam waktu dekat: meningkatkan kualitas TOEFL ITP, memantapkan bahasa Prancis dan terus berlatih Mandarin. Jiayou! ^-^

0 komentar: