Selasa, 03 Februari 2009

..tiba-tiba semangat..

Hoey! Balik lagi, nich, sama Bee!
YupZ! Sudah baca dua posting sebelumnya, khan...pastinya kalian semua pengunjung setia blog ini sudah diberitahu sejak awal bahwa mulai awal 2009 panggil Pu3 dengan "Bee" (nama di dunia maya). Apa kabarmu hari ini? Dijawab dengan SEMANGAT: "luaarrrrrr biasaaaa...." YoiYoi!

Ada apa dengan Bee hari ini? Ajaib! Sungguh ajaib! Sudah dua malam terakhir Bee tidur awal. Tidur awal karena kelelahan yang mendera. Bukan lelah mengerjakan skripsi *Bee tidak serajin itu*, tapi hari ini Bee rajin *itu fakta*. Memang, sich, akibat tidur awal malah bablas nggak ritual renungan seperti malam-malam sebelumnya. Tanpa bermaksud sok religius *Bee tidak religius2 amat* hanya ingin selalu merasa dekat dengan JC pujaan hatinya, Yang selalu ada untuk dia, jadinya tiap malem pasti nyempetin buat 'ketemuan'. Nah, balik lagi ke topik... Bukan topik Hidayat ataupun topik kecengannya Patz di kampus *haiyahh* tapi topik posting hari ini tentang "Tiba-tiba semangat".

Pernah nggak, sich, kamu tiba-tiba semangat? Kalo pernah tiba-tiba males, itu mah sering, kannn??!!! ayOoo...ngakuuu!!! tapi lupakanlah kemalasanmu karena Bee bakal bahas tentang sesuatu yang berhubungan dengan semangat.

Semangat asale soko opo? Pastinya bukan soko telo (bhs.Jawa: singkong, red), karena getuk (snack khas Jawa) yang terbuat dari singkong. Berdasarkan pengalaman, Bee mengasumsikan adanya dua faktor penggugah semangat: faktor eksternal dan faktor internal. Dan yang bakal dibahas hari ini lebih ke faktor internal.

Berkaitan dengan menumbuhkan semangat dari dalam (intern), Bee mau memberi sejumlah "tips". Pertama, jauhkan pikiran dari hal-hal yang membuat stress dan ingatlah hal-hal yang membuatmu bahagia. Contohnya: saat gebetanmu kembali ke NUS (National University of Singapore) untuk melanjutkan studinya, ingatlah momen manis saat bersamanya di Indonesia... dan tumbuhkan harapan bahwa suatu saat nanti *tentunya saat liburan tiba* dia pasti akan kembali untuk kita dan mengukir kenangan manis lagi. Atau kalau kamu nggak pengen kelamaan LDR sama dia, usahain bisa dapet beasiswa di tempat yang sama dengan sang Pujaan Hati. Nah, sedappp...kHan?!! =) Dan usahain untuk nggak kepikiran bahwa dia di sana bakal selingkuh, ataupun tindakan-tindakan 'sembrono' sejenis itu *sori Bee rada sensi tentang 'selingkuh'*, dibawa santai ajah... Kasian dia kalo belum apa-apa sudah dibebani dengan kecemburuanmu... Sayang, sich, boleh sayang...tapi cemburu berlebihan itu hukumnya "lebay", hohoho...

Kedua, pilih satu lagu yang menjadi temamu hari itu, semacam "theme song" lah... Contohnya:
kalo kamu lagi naksir seseorang dan setiap kali teringat senyum manis ataupun wajah ganteng yang terpampang di FS dan FB-nya biQn kamu sumringahhhh...teyusss...kamu bisa milih lagu RAN - Pandangan Pertama untuk membangkitkan semangatmu! tinggalin sejenak lagu-lagu yang menyayat hati dan pilu...sekalipun misalnya kamu ngefans abis sama ST 12 dengan lagu "Saat Terakhir"nya *hiyaa...Patz!* atau kalo kasusnya seperti pada tips pertama, kamu bisa juga nyetel lagu PASTO - Aku Pasti Kembali, nah...dijamin, dah! Hatimu bakal tentrem...

Ketiga, teriakkan dalam dirimu: SEMANGAT!!! karena kalau semangat itu nggak dibangkitkan dari dalam diri sendiri, siapa yang akan membangkitkannya untukmu?!

Nah... cukup tiga tips ajah, yach! supaya gampang diingat dan diterapkan... Kalau tipsnya banyak paling-paling mentok di-copy paste ataupun select all dan save as (website complete). Iyo to?! Sayang, kan... tips dari Bee hanya mentok di soft file.

Bee tidak asal memberikan tips, loh... Bee memberikan tips berdasarkan apa yang Bee lakukan hari ini. Buat temen-temen yang stay di Jogja pastinya ngalamin betapa dinginnya hawa Jogja beberapa hari terakhir, dong... Bukan hanya hujan angin setiap hari, tapi suhu udaranya itu, loh... Ealahhh, bikin pengen bobok teyuz! Tapi tidak berpengaruh terhadap Bee hari ini.

Pertama kali terbangun dari tidur sekitar jam satu pagi, lalu sadar belum renungan, dan malas renungan karena merasa sudah ganti lagi *kemalasan berulang seperti hari sebelumnya*. Bangun yang kedua kali sekita jam 5an pagi, langsung ngecek Facebook dari ponsel yang baru saja dinyalakan *kebiasaan baru tiap tidur ponsel nonaktif*. Entah kenapa reflek masak air hangat dari ceret listrik yang tergeletak dengan manis di sudut kamar. Beberapa hari terakhir si Ceret full job euy, hehehe... Sambil nunggu ceret, nyetel musik, joget-joget nggak jelas *upz!* dilanjutkan baca-baca artikel untuk skripsi.

Tuuuuuuutttt.... *bukan bunyi kentut* ceret mengeluarkan suara. "Horee...mandi!" seperti adik bayi yang senang bukan kepalang akan dimandikan, Bee langsung mempersiapkan diri untuk membasuh diri. Fiuh! Masih pagi sekali... *setidaknya terbilang siap jauh lebih awal dari biasanya* Godaan sarapan di soto Pa Udi pun melintas, berganti dengan bubur ayam Syarifa, tapi semuanya tepis oleh Bee. Berbekal sepotong bakpia keju *peninggalan Dika sejak hari Minggu* Bee berangkat ke kampus. T'akhir liat jam masih jam 9 kurang di pagi hari, dan Bee sudah nangkring di meja katalog HI. Mas Edy selaku pihak jurusan pun pangling: "dengaren (bhs Jawa: tumben, red) Putri, kok, ke kampus gasik" (bhs Jawa: datang lebih awal, red). Bee jawab saja: "lagi butuh, Mas!".

Dengan sabar dan penuh niat, selama satu jam lebih di kantor jurusan, Bee membuka buku "Daftar Wisudawan dan Wisudawati". Niat awalnya hanya mencari skripsi yang hendak dibaca di tempat, tapi Bee malah asyik mandangin foto-foto para wisudawan/wati beserta nilai akhir (IPK) dan nilai skripsi mereka. Bee pun menjadi sadar bahwa tidak selamanya IPK tinggi menjadikan seseorang memperoleh A pada skripsinya. Tidak sedikit pula yang IPK-nya nyaris "3" dan lebih dikit dari "3", sekalipun mereka nggak "cum laude" bisa memperoleh nilai A pada skripsinya. Sungguh nyata premis tentang "hidup menyediakan beraneka pilihan", tergantung apa yang kamu cari: sekedar IPK tinggi? ataukah sunnguh mengoptimalkan pemahaman atas materi dikaitkan dengan studi kasus politik internasional? Nah.., nah.., itu pelajaran pertama hari ini! Setelah tidak berhasil menemukan skripsi yang dicarinya pada daftar wisudawan/wati, katalog online HI, Bee menelusuri SATU PER SATU judul acak yang tertulis di buku besar "Daftar Judul Skripsi HI". Mata Bee nyaris jereng pagi ini, tapi Bee masih semangat...

Selesai di kantor jurusan, Bee berjalan kaki menuju perpustakaan fakultas. Tidak nanggung-nanggung, Bee melesat ke lantai tiga bangunan tua di seberang kampus Fisipol (dari arah HI) itu. Saat tiba di lantai dua, Bee sempat melirik ke bawah dan membayangkan betapa nikmatnya sarapan soto di kantin Mbok Galak, tapi lagi-lagi Bee menepis hasrat tersebut. Bee menegaskan dalam hati, cukup satu jam, dan ternyata DUA JAM! dan Bee sangaaaaaattt...senang! Semangatnya pagi ini membuahkan hasil: skripsi-nya ketemu! skripsi-nya Mas Mumun! hohoho... Pencarian hari ini akhirnya menemukan pangkalnya. Bee pun mendapat bonus bertemu Mas Ius yang sudah satu tahun lebih tidak bersua. Sebagai anak Fisip UAJY, rajin juga main ke perpus Fisipol UGM.

Masih dalam balutan aura semangat...
Bee melangkah pulang meninggalkan perpustakaan...
Bertemu Tanto dan Eko di lobi HI, lalu mereka menyerahkan soft file video HI 2005 saat acara BEES (Bali Enjoyable Excursion Studies) dulu. Wah.., ndak sabar ini segera menontonnya!
Semoga apa yang Bee tulis ini mampu menularkan semangat kepada para pengunjung blog ini.

Ingat: susah-senang bersumber dari pikiran!
so... let's think happily to be really happy..



0 komentar: